Telkom Gandeng Microsoft Implementasikan Cloud Computing

JAKARTA - Telkom menjalin kerja sama dengan Microsoft untuk menciptakan sebuah solusi baru dalam dunia IT, yaitu cloud computing yang saat ini tengah tren di dunia.

"Saat ini cloud cumputing merupakan tren yang sangat happening di sejumlah negara, dan saya yakin Indonesia akan memulai tren ini sekarang," terang Vice President Microsoft Asia Pacifik Emilio Umeoka, disela-sela penandatangan MoU Telkom dan Microsoft, di Hotel Shangrilla, Jakarta, Rabu (7/4/2010).

Bagi Telkom, solusi ini sendiri sangat menguntungkan operator terbesar di Indonesia. Pasalnya, menurut Direktur IT & Supply PT Telekomunikasi Indonesia Indra Utoyo, cloud computing merupakan solusi yang tepat bagi perusahaan besar seperti Telkom untuk menerapkan switch Capex to become Opex.

"Dengan layanan cloud computig, kita akan mendapatkan layanan global tanpa harus memilikinya. Karena kita hanya menyewa saja, semuannya akan diurus oleh Microsoft. Ini tentu saja memberikan kontribusi positif bagi Telkom," terang Indra.

Melalui kerja sama ini, Telkom akan menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi dengan memberikan layanan TI berbasis cloud computing. Melalui layanan ini pula, ditambahkan Indra, kalangan bisnis termasuk Small Medium Enterprise dapat berkonsentrasi bisnis inti mereka tanpa memusingkan SDM IT yang biasanya menjadi kendala di segmen UKM tersebut.

Beberapa paket yang ditawarkan Telkom atas kerja sama dengan microsoft sendiri berupa Paket Communication & Collaboration, yang terdiri dari Broadband, Exchange, dan OCS sebuah bentuk SaaS yang memberikan fitur teknologi Microsoft unfied communication tanpa perlu melakukan install hardware.

Sementara untuk paket virtualized server Telkom menyediakan broadband ditambah virtual dedicated server, sebuah bentuk IaaS (Infrastructure as Service). Teknologi Virtual Private Servers (VPS) memungkinkan perusahaan untuk berbagi biaya server dengan pelanggan lainnya.

"Telkom sendiri menargerkan 1.000 UKM yang akan menggunakan paket yang menggunakan cloud computing ini," tandas Indra. (okezone.com)

Komentar